Jumat, 03 Desember 2010

Tugas Pertama Manajemen Umum

Nama    : Elysa SimiHanggraini
NPM     : 39110626
Kelas     : 1DB19
Tanggal : 29 November 2010


  1. Mengapa kita perlu mempelajari ilmu manajemen, jelaskan ?
            Agar kita mengetahui caranya berusaha untuk mengatur diri sendiri atau orang lain baik di lingkungan maupun di organisasi.

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
    1. Manager adalah orang atau seseorang yang mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology). Untuk memenuhi suatu tujuan organisasi yang sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian.

    2. Wiraswata adalah orang yang memiliki pribadi hebat, produktif, kreatif, melaksanakan kegiatan perencanaan bermula dari ide sendiri, kemudian mengembangkan kegiatannya dengan menggunakan tenaga orang lain dan selalu berpegang pada nilai-nilai disiplin dan kejujuran yang tinggi.

    1. Wirausaha adalah pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan konsep dasar dewirausahaan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan persaingan.

    1. Supervisi adalah pengendalian kepada tingkat karyawan yang ada di bawahnya dalam suatu organisasi.


  1. Jelaskan 10 peran dari manajer ?
                  1.      Mengelola
                  2.      Orang yang menjalankan proses agar visi misi tercapai
                  3.      Mempertahankan kelangsungan tujuan
                  4.      Fokus pada sistem
                  5.      Bergantung pada pengawasan
                  6.      Melihat jangka pendek
                  7.      Melihat hasil
                  8.      Menir sesuatu
                  9.      Menerima status QUO
                  10.  Pelaksana


  1. Jelaskan tingkatan manajer dalam manajemen ?
·         Manajemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen opersional, merupakan tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer department, atau mandor (foreman).
·         Manajemen tingkat menengah (middle management) mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
·         Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh : CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
     Meskipun demikian, tidak semua organisasi dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bentuk piramida tradisional ini. Misalnya pada organisasi yang lebih fleksibel dan sederhana, dengan pekerjaan yang dilakukan oleh tim karyawan yang selalu berubah, berpindah dari satu proyek ke proyek lainnya sesuai dengan dengan permintaan pekerjaan.

  1. Coba jelaskan menurut saudara, efisiensi memberikan dampak positif dan keunggulan bagi suatu organisasi ?
      Dampak positif:
      1. Wawasan kita semakin luas
      2. Pengalaman bertambah
      3. Mampu menghadapi masalah secara team

      Keunggulan organisasi yaitu menjadi aspek usaha paling penting mengingat setiap organisasi ingin memenangkan persaingan untuk menjadi pemenang.

0 komentar:

Posting Komentar