Jumat, 03 Desember 2010

Formatif 4 Manajemen / Pengantar Manajemen


Nama    : Elysa SimiHanggraini
NPM    : 39110626
Kelas    : 1DB19
Tanggal : 29 November 2010

  1. Jelaskan teori motivasi ERG ?

          Teori ERG Alderfer (Existence, Relatedness, Growth) adalah teori motivasi yang dikemukakan oleh Clayton P. Alderfer. Teori Alderfer menemukan adanya 3 kebutuhan pokok manusia:

    • Existence Needs (kebutuhan keadaan) adalah suatu kebutuhan akan tetap bisa hidup sesuai dengan tingkat kebutuhan tingkat terendah dari Maslow yaitu hygien factors dari Herzberg.
    • Relatedness Needs (kebutuhan berhubungan), mencakup kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kebutuhan ini sesuai dengan kebutuhan afiliasi dari Maslow dan hygiene factors dari Herzberg.
    • Growth Needs (kebutuhan pertumbuhan) adalah kebutuhan yang mendorong seseorang untuk memiliki pengaruh yang kreatif dan produktif terhadap diri sendiri atau lingkungan realisasi dari kebutuhan penghargaan dan perwujud diri dari Maslow dan motivation factors dari Herzberg (Koontz, 1990:121)

  1. Mengapa motivasi seseorang dapat dipengaruhi, jelaskan ?

         Karena dengan di motivasinya orang tersebut akan terdorong untuk bisa melakukan sesuatu agar orang tersebut bisa mengerahkan semua sumber daya yang ada pada dirinya sehingga terbukti motivasi dapat mempengaruhi seseorang.

  1. Apa yang dimaksud dengan motivasi dan memotivasi ?

    Motivasi adalah Dorongan atau daya penggerak agar orang yang di motivasi mau memberikan kemampuannya untuk tujuan tertentu.
      Memotivasi adalah Proses mendorong atau menggerakkan seseorang agar         mereka mau memberikan kemampuannya dan keterampilannya untuk tujuan         tertentu.

  1. Jelaskan proses pembuatan keputusan secara teori ?
   Pengambilan keputusan yang banyak menggunakan pertimbangan atasan             disebut sentralisasi.Sebaliknya, pengambilan keputusan dengan menampung aspirasi bawahan disebut desentralisasi ini di kemukakan oleh henry fayol dan ia   percaya bahwa manajer harus memikul tanggung jawab terakhir,tetapi ia harus memberi otoritas yang cukup agar bawahan dapatmengembangkan diri.


  1. Sebutkan dan jelaskan kondisi – kondisi dimana keputusan harus dibuat ?

         Yaitu kondisi dimana suatu organisasi mengalami masalah yang memerlukan keputusan dalam mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan.



0 komentar:

Posting Komentar