Minggu, 30 Januari 2011

history of smt. 1

nggak terasa tau-tau gw udah masuk kuliah semester 2. dan abis ini gw mau cerita dari awal masuk kuliah sampe gw selesai ujian. Kalo ceritanya panjang, itu udah pasti. Terserah mau ada yang baca atau enggak juga terserah. Mau ada yang komen atau enggak ya terserah. Disini mah terserah aja. Kalo boring mending close dari awal.

Dulu gw daftar swasta karena udah kepepet antara mau kuliah atau nganggur setahun. Soalnya ujian masuk PTN semuanya nggak ada yang keterima, emang dari dulu gw nggak pernah hoki sama hal yang bulet-bulet alias OMR. Waktu itu gw di daftarin gunadarma sama Bu Sri (nyokap gw) dengan berbekal uang pinjeman dari sodara, karena Pak Royo (bokap gw) nggak setuju gw kuliah di swasta dia milih gw nganggur setahun trus ikut UMPTN lagi. hal itu bertentangan sama Bu Sri yang nggak mau gw lumutan di rumah nggak jelas. Akhirnya Bu Sri nekat daftarin gw pake uang pinjeman karena waktu itu emang Pak Royo nggak mau biayain.

Bu Sri selalu nemenin gw dari mulai daftar sampe test awal. gw dapet grade 1 Manajemen Informatika, sama Akuntansi Komputer. tapi gw milih yang MI nya. sok-sokan komputer padahal gw gaptek. tanpa OSPEK gw langsung diberitahu tgl masuk kuliah perdana.

Awal masuk kuliah 21 September 2010. Gw dapet di kelas 1DB19.
Mata kuliah pertama di ruang J1114. Pada masa itu gw nggak ngerti cara bacanya gimana. gw telusuri ruang per ruangan, lantai per lantai sampe mau mati nggak ketemu-ketemu. Finally, tu ruangan ketemu juga yang letaknya di lantai 1 pas depan pintu masuk gubrakk deh. masuk kelas dengan keadaan penuh keringet, rambut kusut kayak buntelan jerami, baju basah kayak abis keujanan, muka kusem kayak kepanasan dalam pikiran gw adalah "pengen puuuulang!!" kesan pertama yang nggak mengesankan deh. Di kelas itu sama sekali nggak ada yang gw kenal, semua orang asing buat gw. dan orang yang pertama kali gw kenal yaitu Resta yang duduk di sebelah gw. mungkin yang dia pikirin waktu pertama ngeliat gw " iyuhh, cewek lepek nih".
Di kelas ini jumlah ceweknya lebih sedikit dibanding cowoknya. jumlah ceweknya kira-kira 10 manusia. Tapi yang paling bacot malah cowoknya.

Mata kuliah demi Mata kuliah gw hadepin. Pengantar Sistem Komputer (PSK), banyak istilah yang nggak gw pahamin, setiap tu dosen nerangin gw cuma bisa melongo kayak kambing. tapi seenggaknya gw rajin catet biar bisa gw cerna dikit-dikit buat sarapan di rumah. "kalian mengambil jurusan ilmu komputer jadi mau nggak mau harus mengerti tentang istilah komputer meskipun buat kalian asing" itu kalimat dari salah atu dosen yang selalu gw inget buat pedoman gw. Algoritma Pemrograman, basicnya mudah tapi lama-kelamaan gw sulit buat ngikutin. Ilmu Alamiah Terapan, yang terdiri dari Fisika dan Kimia, dosennya nggak pernah masuk sama sekali. paling cuma ada prakteknya, yang harus buat LP (laporan pendahuluan) yang rata-rata gw buat ngasal, dan LA (laporan akhir) yang semuanya harus ditulis tangan. menjelang UTS akhirnya ada dosen penggantinya. Bahasa Inggris, materinya dasar dengan dosen yang agak tuir dan sering curhat. di mata kuliah ini mahasiswanya bisa tiba-tiba menyusut jadi 5 manusia sukur lebih.

UTS masih gampang. soalnya essay dan rata-rata udah dikasih tau kisi-kisinya. jadi tinggal ngafalin. nilai-nilai UTS gw juga hasilnya lumayan bagus kecuali buat PSK B nilai gw rendah banget.

UAS mulai sulit bagi gw, selain pake LJK juga soal-soalnya susah soalnya yang buat dosen lain. gw berharap kesialan gw pada LJK hilang.

Ujian Utama, adalah ujian yang paling menegangkan. diharuskan berpakaian kemeja putih polos, rok hitam, dan sepatu tertutup bak sales girl. temen-temen gw ruangannya pada misah-misah. gw duduk, disekeliling gw nggak ada yang gw kenal. semua tampak asing. 80 soal dengan waktu 2 jam. gw kerjakan dengan hati-hati dan kebanyakan gw mengisinya dengan tebak-tebakan dan feeling. tiap menit telapak tangan berkeringat, tangan gemeteran sambil bulet-bulet. dan gw hanya terus berpikiran ingin pulang. karena udah nggak kuat dibawah tekanan pengawasan. setelah selesai gw segera pulang dan tidur.

Libur semester 1 cuma seminggu, dan gw nggak tau IP kapan keluar.. mudah-mudahan mencapai 4 :))

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar